Skip to main content

PT MRT Jakarta (Perseroda) Luncurkan MRTJ ACCEL 2

mrtj accel 2

Setelah sukses dengan MRTJ ACCEL 1 pada 2020 silam, pada Jumat (18-6-2021) lalu, PT MRT Jakarta (Perseroda) kembali meluncurkan “Kick-off MRT ACCEL 2” dan mengumumkan delapan perusahaan rintisan yang bergabung ke dalam program tersebut. Kedelapan perusahaan rintisan tersebut yaitu ALODOKTER, WeCare.id, Ralali.com, Shipper, cakap, glints ExperClass, Qyos by Algramo, dan Jago Coffee yang meliputi tiga kategori yaitu layanan kesehatan (health care), logistik, dan pendidikan (edutech). Kedelapan perusahaan rintisan tersebut terpilih dari 44 perusahaan rintisan yang mendaftar ke program ini. *Informasi termutakhir per 23 Juni 2021: Qyos by Algramo dan Jago Coffee mengundurkan diri. Dan, satu startups bergabung, yaitu Educourse. 

Peluncuran program dilakukan secara virtual dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar, Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud, dan Kepala Divisi Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Nicodemus Winata. Peluncuran ini juga menghadirkan Chief Executive Officer Tiket.com George Hendrata dan Strategic Partnerships Development Manager at Google Maps Isabella Wibowo sebagai pembicara sesi diskusi.

Vice President Corporate Sales Ralali.com Richard Christy P Nainggolan menyatakan kebanggaannya saat perusahaan rintisannya terpilih untuk mengikuti program ini. “Kami sangat bangga dapat terpilih di batch 2 MRTJ Acceleration Program dan besar harapan kami untuk dapat belajar bersama dengan para mentor di program ini untuk memberikan inovasi dalam bentuk teknologi untuk memberikan social impact di ruang  publik dan memberikan dampak yang positif bagi pengguna jasa transportasi MRT Jakarta,” ungkap ia. Ralali.com merupakan perusahan rintisan yang berbentuk lokapasar (marketplace) yang menghubungkan vendor dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Senada dengan Richard, Chief Marketing Officer Shipper.id Jessica Hendrawidjaja juga merasa bangga terpilih mengikuti program yang pertama kali berjalan pada 2020 ini. “Kami sangat bangga menjadi salah satu perusahaan startup terpilih dan menyambut baik rencana kerja sama ke depan bersama PT MRT Jakarta (Perseroda),” ujar ia. “Selain dapat bersinergi dengan ekosistem MRT Jakarta, kami juga berharap dapat berkolaborasi dengan startup-startup terpilih lainnya untuk berkontribusi dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia, khususnya sektor UMKM,” pungkas Jessica. Shipper.id adalah perusahaan rintisan dalam bidang jasa layanan logistik yang menyelaraskan antara jasa dan optimalisasi teknologi dan data.  

MRTJ ACCEL merupakan program kolaborasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan perusahaan rintisan (startups) untuk menciptakan produk, jasa, atau layanan bagi kenyamanan pengguna jasa MRT Jakarta, namun memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak tersebut. Sebelumnya, dalam MRTJ ACCEL 2020, PT MRT Jakarta (Perseroda) telah bekerja sama dengan sembilan perusahaan rintisan dalam bidang lingkungan, gim ponsel, hingga asuransi.

Penulis: Nasrullah